Untuk memperbaiki sistem teknologi perusahaan, perusahaan perlu mengetahui tren-tren yang terjadi di masyarakat. Apa yang diinginkan masyarakat serta bagaimana cara mendistribusikannya agar bisa mencapai target yang direncanakan. Ada beberapa teknik dan teknologi yang bisa digunakan oleh perusahaan.
1. E-Commerce
Perusahaan-perusahaan dapat ikut serta dalam perdagangan melalui jaringan elektronik (electronic commerce atau yang biasa disingkat e-commerce). Dalam hal ini, komputer digunakan sebagai alat utama untuk melakukan operasi bisnis dasar. Perusahaan ikut serta dalam perdagangan melalui jaringan elektronik untuk berbagai alasan, tetapi tujuan utamanya adalah keunggulan kompetitif.
Manfaat utama dari mengikuti e-commerce adalah :
- Pelayanan pelanggan meningkat
- Hubungan dengan pemasok & masyarakat keuangan meningkat
- Pengembalian atas investasi pemegang saham dan pemilik yang meningkat
Kendala e-commerce:
- Biaya tinggi
- Masalah keamanan
- Perangkat lunak yang belum mapan atau tidak tersedia
Untuk mengatasi berbagai kendala, maka diadakan beberapa strategi untuk e-commerce. Setelah perusahaan mengikuti perdagangan melalui jaringan elektronik, maka selanjutnya perusahaan dihadapkan pada keputusan mengenai pemilihan strategi, metodologi, dan teknologi terbaik. Strategi pertama adalah membangun sistem antar organisasi (interorganizational system – IOS) yang terdiri dari beberapa perusahaan yang bekerjasama sebagai satu unit tunggal. Perusahaan-perusahaan yang membentuk IOS disebut mitra dagang atau mitra bisnis. IOS dapat dikembangkan dengan mengikuti siklus sistem hidup tradisional untuk menciptakan sistem yang sama sekali baru datang atau dengan mengikuti rancang ulang bisnis (business process redesign – BPR) untuk merekayasa ulang sistem yang ada sekarang. Hal ini sangat baik karena tidak perlu memulainya dari awal tapi juga tidak menghilangkan tampilan yang sudah ada.
Strategi selanjutnya disebut EDI atau pertukaran data elektronik. EDI adalah transmisi data dalam bentuk yang terstruktur dan dapat dibaca mesin secara langsung dari komputer ke komputer diantara beberapa perusahaan.
gambar di atas adalah manfaat langsung dan tidak langsung dari EDI.
2. Sambungan langsung
Menggunakan sirkuit yang disediakan oleh jasa telekomunikasi
3. Jaringan bernilai tambah
Antara lain berupa layanan perangkat lunak, pengolahan data, dan lain-lain
4. Internet
Memungkinkan jaringan komunikasi global yang tidak hanya menghubungkan para mitra bisnis tetapi juga mencakup seluruh dunia. Internet dapat digunakan untuk aplikasi bisnis apapun yang melibatkan komunikasi data termasuk komunikasi baik di dalam perusahaan maupun luar perusahaan. Tidak seperti jaringan lain, internet dapat digunakan dengan platform komputer apapun tanpa perlu usaha khusus. Selain itu internet memungkinkan transmisi media yang lebih beragam daripada yang ditangani banyak perusahaan melalui jaringan konvensional mereka. Internet juga memberikan lahan bagi para pemasar untuk tetap maju dan bersaing.
Setiap perusahaan mengalami yang namanya product life cycle.
Product life cycle menjelaskan bahwa perusahaan berkembang melalui sejumlah tahapan yaitu perkenalan (introduction), pertumbuhan (growth), kedewasaan (mature), dan penurunan (decline). Pada tahap-tahap inilah teknologi yang direkomendasikan bisa digunakan untuk mengefisiensikan proses produksi. Pada tahap perkenalan, internet bisa digunakan untuk menentukan posisi yang kuat dalam menentukan harga. Hal ini membuat perusahaan harus melakukan penelitian lingkungan pangsa pasar untuk melakukan penjualan sesuai dengan harga pasar. Dalam tahap pertumbuhan, internet bisa digunakan untuk memberikan informasi mengenai tarif, service, dan semua informasi mengenai perusahaan kepada costumer atau pelanggan, serta melakukan negosiasi penetapan tarif dan servis terhadap pelanggan, termasuk membuat proposal rate service dengan pelanggan.
Bagaimana hasil yang terlihat pada perusahaan?
Dari kurva di atas terlihat bahwa bertambahnya teknologi maka bertambah pula hasil produksi
Dari berbagai macam teknologi yang bisa digunakan perusahaan, dapat diambil kesimpulan bahwa keuntungan yang didapat dari digunakannya teknologi tersebut adalah
1. Yang tadinya kerja manual menjadi otomatis, dan hal ini mengurangi biaya untuk tenaga kerjanya, biaya untuk kertas, alat tulis, dll.
2. Waktu mengerjakan yang lebih cepat. Sebab dengan adanya teknologi yang lebih baik akan memperbendek rantai birokrasi, yang tadinya selesai dalam 1 minggu dengan teknologi hanya butuh waktu 1 hari. Apabila waktu tadi kita konversikan ke biaya maka akan mendapatkan penghematan sekian rupiah.
3. Pengambilan keputusan yang lebih cepat. Karena dengan teknologi, khusunya internet, maka data yang dibutuhkan dapat diperoleh dengan cepat. Hal ini tentu saja akan menjadikan perusahaan menjadi lebih kompetitif. Sebab dampaknya akan sangat besar bisa jadi karena pengambilan keputusan yang lambat sebuah perusahaan akan kehilangan banyak order.
4. Dengan penerapan teknologi internet kita akan dapat menghemat biaya promosi dan pemasaran, karena promosi lewat web site akan sangat murah dan konsumen dapat melihat profil perusahaan dari mana saja diseluruh dunia.
5. Dapat mengintegrasi semua kantor atau perusahaan sehingga hal ini akan dapat meningkatkan kecepatan dalam merespon sesuatu dan pihak manajemen akan dengan cepat mengetahui kondisi perusahaannya tanpa harus berkunjung ke kantor cabang yang jauh dan memakan biaya transportasi.
sumber :
No comments:
Post a Comment