Sunday, October 24, 2010

DISAIN DAN PERILAKU ORGANISASI

Menurut Boone dan Kurtz, organisasi adalah suatu proses tersusun yang orang-orangnya berinteraksi untuk mencapai tujuan.
Definisi organisasi itu mencakup tiga elemen pokok, yaitu: interaksi manusia, kegitan mengarah pada tujuan, dan struktur.

1.      ORGANISASI FORMAL DAN INFORMAL
·         Organisasi formal
Organisasi formal merupakan system tugas, hubungan wewenang, dan pertnaggungjawaban yang dirancang oleh manajemen agar pekerjaan dapat dilakukan. Organisasi formal menawarkan bidang-bidang tetap yang masing-masing orang bekerja pada bidang tanggung jawabnya sendiri.

·         Organisasi informal
Organisasi informal adalah suatu jaringan hubungan pribadi dan sosial yag mungkin tidak dilakukan atas dasar hubungan wewenang. Organisasi informal terjadi dalam semua perusahaan karena adaya interaksi manusia.

·         Sentarilasasi vs desentralisasi
o   Organisasi yang disentralisir merupakan sebuah system yang wewenang serta pengendaliannya dipegang di suatu pusat, biasanya eksekutif puncak
o   Organisasi yang didesentralisir merupakan suatu usaha sistematis untuk mendelegasikan kepada jenjang bawah semua wewenang kecuali yang harus dilaksanakan pada jenjang tertinggi.

2.      STRUKTUR ORGANISASI DAN PENYUSUNNYA

Setiap struktur organisasi akan lebih dulu memusatkan perhatian pada kegiatan-kegiatan yang diperlukan untuk mencapai tujuan. Struktur organisasi yang ditentukan dengan baik juga harus mendukung moral karyawan. Semuanya diarahkan untuk membentuk angkatan kerja yang loyal dan harmonis.

·         Pembentukan struktur organisasi
Struktur organisasi formal didasarkan pada analisa dari tiga elemen kunci setiap organisasi, yaitu interaksi kemanusiaan, kegiatan yang terarah ke tujuan, dan struktur.
o   Hierarki tujuan
Hierarki tujuan organisasi berlingkup dari tujuan perusahaan keseluruhan sampai tujuan-tujuan khusus yang ditetapkan untuk masing-asing karyawan
o   Departementalisasi
Di kebanyakan perusahaan kegiatan ini berupa produksi, pemasaran, pembelanjaan, dan personalia. Masing-masing kegiatan ditugaskan ke departemen atau bagian yang berbeda dalam perusahaan termasuk manajer dan karyawannnya.
o   Wewenang dan tanggung jawab.
Manajer harus melakukan pendelegasian, yaitu menugaskan sebagian kegiatannya kepada bawahan agar dapat mencurahkan waktunya pada fungsi-fungsi manajerial.

·         Bentuk-bentuk struktur organisasi

o   Organisasi garis
Kekuasaan mengalir secara langsung dari direktur ke kepala bagian dan kemudian terus ke karyawan-karyawan di bawahnya.
Kebaikan:
-          Adanya kesatuan dalam pimpinan dan perintah
-          Pimpinan dapat lebih cepat mengambil keputusan dan melakukan perintah
-          Menghemat biaya
Keburukan:
-          Sering terdapat birokrasi yang menghambat jalannya perusahaan
-          Tidak ada spesifikasi sehingga tidak efisien
-          Kurangnya kerjasana antar bagian

o   Organisasi garis dan staf
Merupakan kombinasi yang diambil darikeuntungan-keuntungan adanya pengawasan secara langsung dan spesialisasi dalam perusahaan. Tugas kepala bagian semakin beratmemerlukan bantuan para ahli yang dapat memberi saran.
Kebaikan:
-          Pimpinan lebih leuasa memberikan saran
-          Staf dapat membantu mengatasi persoalan sehingga lebih efisien
-          Staf dapat mendidik para petugas
-          Adanya kesatuan
Keburukan:
-          Kadang staf tidak memberikan saran tapi perintah, sehingga ada pertentangan
-          Dapat menimbulkan anggapan petugas untuk lebih percaya pada staf dibanding atasan
-          Staf dapat ikut disalahkan apabila saran tidak memperoleh hasil

o   Organisasi fungsional
Dalam organisasi fungsional, masing-masing manajer adalah seorang spesialis atau ahli dan masing-masing bawahan mempunyai beberapa pimpinan. Manajer memiliki kekuatan penuh untuk menjalankan fungsi-fungsi yang menjadi tanggung jawabnya.
Kebaikan:
-          Masing-masing fungsi dipegang oleh ahli dalam bidangnya
-          Tugas manajer lebih ringan dengan adanya pembagian fungsi
Keburukan:
-          Membingungkan pekerja karena tidak ada kesatuan
-          Tidak ada hubungan garis secara langsung dengan atasan
-          Tidak bisa dengan cepat mengatasi kesulitan
-          Kurang koordinasi

o   Organisasi komite
Komite sering dilakukan untuk mengumpulkan pendapat tentang berbagai kegiatan dalam perusahaan.
Syarat membentuk komite:
-          Suasana santai dan bersifat informal
-          Semua anggota komite ambil bagian dalam membicarakan tugas
-          Komite mengetahui tentang tugas-tugasnya
-          Saling mendengarkan pendapat anggota lain
-          Keputusan diambil secara consensus
-          Setiap anggota bebas berpendapat
-          Ketua komite tidak mempunyai kekuasaan atas yang lain
Kebaikan:
-          Merupakan forum untuk bertukar pendapat
-          Keputusan ditentukan bersama
-          Menciptakan koordinasi yang lebih baik
-          Meningkatkan pengawasan
Keburukan:
-          Kesulitan untuk menentukan pertemuan
-          Keharusan untuk berkompromi
-          Sering menimbulkan kesimpangsiuran dalam organisasi
-          Tidak ada kekuasaan untuk mendukung saran yang diberikan

o   Organisasi matrik
Digunakan berdasarkan struktur organisasi garis dan staf yang sudah ada. Struktur organisasi dimana para spesialis dari bagian-bagian yang berbeda disatukan untuk menjadi proyek khusus.
Kebaikan:
-                      Luwes
-                      Memusatkan perhatian pada masalah utama yuang spesifik
-                      Memberikan alat inovasitanpa mengganggu struktur
Keburukan:
-                      Melanggar prinsip kesatuan perintah yang tradisional (satu alasan untuk masing-masing individu
-                      Manajer proyek dapat kesulitan dalam mengembangkan tim terpadu
-                         Konflik dapat muncul antara manajer proyek dengan manajer-manajer lain

     
1.      PERILAKU KEORGANISASIAN
·         Kelompok kerja
Dalam organisasi bisnis, kelompok kerja itu merupakan sekumpulan karyawan yang secara langsung bersama-sama mempunyai pekerjaan serupa dan melihat diri mereka sebagai suatu kelompok

·         Motivasi
o   Jenjang kebutuhan karyawan
1.      Setiap orang mempunyai kebutuhan, tapi hanya kebtuhan yang belum terpenuhi saja yang dapat mempengaruhi perilaku manusia.
2.      Kebutuhan manusia dikelompokkan dalam sebuah hierarki. Jika satu kebutuhan terpenuhi, kebutuhan lain yang tingkatannya lebih tinggi akan muncul dan memerlukan kepuasan

·         Pekerjaan dan sikap jabatan
Menurut penelitian di Amerika, 80% sampai 90% secara konsisten melaporkan bahwa mereka merasakan kepuasan dengan pekerjaannya. Penemuan ini jelas menutup kenyataan bahwa kepuasan jabatan berbeda-beda dari satu jabatan ke jabatan lain. Oleh Musselman dan Jackson, kepuasan jabatan dipandang sebagai indikator yang bermanfaat bagi manjemen untuk menentukan apakah terdapat bidang-bidang masalah dalam angkatan kerja organisasi.

·         Kepemimpinan
Dalam perusahaan, kepemimpinan itu berkaitan dengan pengarahan kepada karyawan untuk melakukan pekerjaan. Manajer yang baik pasti akan mendapatkan hasil pekerjaan lebih banyak dari bawahannya dengan sikap sebagai pemimpin yang baik. Untuk mengetahui gaya kepempininan yang sesuai, mereka tidak hanya melihat posisinya sebagai manajer yang menghendaki segalanya telah dilakukan, tetapi mereka harus bekerja dalam struktur yang ada secara efektif.




No comments:

Post a Comment