Friday, October 8, 2010

Pemanfaatan komputer dalam bidang bisnis

Dewasa ini kita sering sekali kita lihat berbagai media internet yang digunakan sebagai sarana bisnis. Contoh kecilnya adalah banyak sekali orang yang mencoba keuntungan dengan berjualan di kaskus atau di facebook. Caranya mudah, asalkan kita memiliki modal materi dan modal keberanian. Beli saja barang-barang murah yang kira-kira akan laku di pasaran, kita foto barang-barang tersebut, kita upload, lalu kita publikasikan.

Jika anda ingin berjualan di facebook, buatlah akun sendiri agar lebih mudah dikenal. Masukkan foto-foto dari barang-barang jualan anda lalu publikasikan kepada teman-teman anda. Bisnis melalui media internet ini biasanya menggunakan sistem transfer antar rekening. Jika si pembeli berniat membeli barang anda, dia akan menanyakan nomor rekening anda untuk mentransfer uang untuk pembelian barang ditambah dengan ongkos kirimnya. Jika sudah di transfer dan anda sudah menerimanya, maka segeralah mengirim barang yang dipesan tersebut via pengiriman barang terdekat dari rumah anda.

Begitulah prosesnya, lebih mudah dan tentu saja anda tidak perlu repot menyewa tempat. Anda cukup menyediakan fasilitas internet di rumah agar tetap terhubung dengan para pembeli anda yang umumnya berada di seluruh Indonesia. Tapi dibalik segala keuntungan tersebut tentu saja segala sesuatu pasti ada resiko dan kerugiannya. Tak jarang sebagian dari pembeli ada yang berniat tidak baik. Ada kasus seperti ini, si pembeli, anggap saja X membeli barang dari online shop Y sebesar 1,9 juta. Jumlah yang cukup besar, bukan? Si X telah mentransfer uang tersebut dan Y telah mengecek uang tersebut di ATM. Setelah mengecek uang tersebut (tidak langsung diambil) si Y pun langsung mengirim barang ke alamat yang diberikan X. keesokan harinya ketika si Y hendak mengambil uangnya, uang tersebut tiba-tiba hilang begitu saja. Si Y pun langsung mendatangi bank yang bersangkutan untuk mengecek keberadaan uang tersebut. Ternyata uang tersebut telah ditarik kembali oleh si pengirim, yaitu si X. sedangkan barang sudah dikirim dan mungkin sudah sampai. Si Y terus berusaha menghubungi si X ke nomor yang dia berikan, tapi nomor tersebut tidak dapat dihubungi lagi.

Untuk itu jika anda ingin berbisnis melalui media internet, berhati-hatilah kepada setiap pembeli yang anda hadapi. Usahakan segera ambil uang anda untuk menghindari segala bentuk penipuan.

No comments:

Post a Comment