1. PEMASARAN
Pemasaran adalah system keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
Selain pemasaran, kegiatan lain yang dapat menciptakan nilai ekonomi adalah produksi (membuat barang) dan konsumsi (menggunakan barang). Oleh karena itu perusahaan harus dapat menciptakan faedah (utility) bagi konsumen. Faedah adalah kekuatan dari suatu produk atau jasa untuk memuaskan kebutuhan. Faedah ada lima macam, yaitu faedah bentuk (form utility), faedah waktu (time utility), faedah tempat (place utility), faedah milik (ownership utility), dan faedah informasi (information utility).
Konsep pemasaran adalah sebuah falsafah bisinis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan.
Pemasaran dapat dipelajari dengan beberapa pendekatan, yaitu:
· Pendekatan serba fungsi: ada delapan fungsi pokok pemasaran yaitu penjualan, pembelian, pengangkutan, penyimpanan, pembelanjaan, penganggungan resiko, standardisasi dan grading, serta pengumpulan informasi pasar
· Pendekatan serba lembaga: dilihat dari segi lembaga-lembaga yang terlibat dalam kegiatan pemasaran.
· Pendekatan serba baarang: melibatkan tentang bagaimana barang-barang tersebut pindah dari titik produksi ke konsumen akhir atau konsumen industry.
· Pendekatan serba manajemen: menitikberatkan pada pendapat para manajer dan keputusan yang mereka ambil
· Pendekatan serba system: mencakup elemen-elemen yang luas dalam system pemasaran.
2. PASAR
Pasar adalah orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk berbelanja, dan kemauan untuk membelanjakannya.
Macam-macam pasar:
· Pasar konsumen: pembeli membeli barang untuk langsung dipakai sendiri
· Pasar industry: pembeli membeli barang untuk dipakai langsung atau tidak langsung untuk memproduksi barang lain
· Pasar penjual: pembeli membeli barang untuk dijual lagi
· Pasar pemerintah: pasar terdapat lembaga-lembaga pemerintah
Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi-bagi pasar yang bersifat heterogen dari suatu produk ke dalam satuan-satuan pasar (segmen pasar) yang bersifat homogen.
Marketing mix adalah kombinasi dari empat variable atau kegiatan yang merupakan inti dari system pemasaran perubahan, yakni: produk, struktur harga, promosi, dan distribusi.
1. PRODUK
Produk adalah suatu sifat yang kompleks baik dapat diraba maupun tidak dapat diraba.
Penggolongan barang menurut tingkat pemakaian dan kekongkritannya
- Barang tahan lama: dapat dipakai berkali-kali dalam waktu relative lama
- Barang tidak tahan lama: hanya satu atau beberapa kali saja
- Jasa: kegiatan, manfaat, atau kepuasan yang ditawarkan untuk dijual
Penggolongan barang menurut tujuan pemakaian
- Barang konsumsi: barang yang dibeli untuk langsung dikonsumsi sendiri
- Barang industry: dibeli untuk diproses lagi untuk kepentingan industry
Merk adalah suatu nama, symbol, yang dimaksudkan untuk member tanda pengenal dari suatu barang dan membedakannya dengan barang pesaing.
- SALURAN DISTRIBUSI
Saluran distribusi untuk sutu barang adalah saluran yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan barang tersebut dari produsen sampai ke konsumen atau pemakai industry.
Jenis-jenis perantara saluran:
- Pedangang besar. Dapat dibagi menjadi dua yaitu pedagang besar dengan fungsi penuh (melaksanakan seluruh fungsi pemasaran), dan pedang besar dengan fungsi terbatas (hanya melaksanakan satu atau beberapa fungsi pemasaran)
- Pengecer. Meliputi semua kegiatan yang berhubungan secara langsung dengan penjualan barang atau jasa kepada konsumen akhir untuk keperluan pribadi.
- Agen. Mereka tidak mempunyai hak milik atas barang-barang yang diperdagangkan. Jadi meskipun mereka menjalankan kegiatan perdagangan besar tetapi mereka tidak digolongkan sebagai pedagang,
- HARGA
Harga adalah sejumlah uang (ditambah beberapa kalau mungkin) yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang beserta pelayanannya.
Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat harga adalah keadaan perekonomian, penawaran dan permintaan, elastisitas permintaan, persaingan, tujuan perusahaan, pengawasan pemerintah, dan biaya.
Metode-metode penetapan harga:
- Penetapan harga biaya plus (cost plus pricing method)
BIAYA TOTAL + MARJIN = HARGA JUAL
- Penetapan harga mark-up (mark-up pricing method)
HARGA BELI + MARK UP = HARGA JUAL
- Penetapan harga break even (break even pricing method)
BIAYA TOTAL = BIAYA TETAP + BIAYA VARIABEL
- PROMOSI DAN PERIKLANAN
Promosi adalah arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran.
Periklanan adalah komunikasi non-individu, dengan sejumlah biaya, melalui berbagi media yang dilakukan oleh perusahaan, lembaga non-laba, serta individu-individu.
Tujuan periklanan:
- Mendukung program personal selling dan kegiatan promosi yang lain
- Mencapai orang-orang yang tidak dicapai oleh salesman lain
- Mengadakan hubungan dengan para penyalur
- Memasuki daerah baru, menarik langganan baru
Personal selling adalah interaksi antar individu, saling bertemu muka yang ditujukan untuk menciptakan, memperbaiki, menguasai, atau mempertahankan hubungan pertukaran yang saling menguntungkan dengan pihak lain.
No comments:
Post a Comment